Biometrika Indonesia

Apakah Si Kecil Sudah Memiliki Self Esteem yang Baik? Yuk, Simak Ciri-Cirinya!

Self esteem merupakan sebuah pikiran, perasaan, dan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Hal ini memiliki kaitan dengan bagaimana seseorang menilai dirinya dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari. Seseorang yang memiliki self esteem yang baik akan lebih menghargai dirinya sendiri dan dapat memperbaiki kesalahan yang ada pada dirinya. Sehingga dirinya mampu untuk lebih berdaya dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki dengan lebih optimal.

Self esteem yang baik sangatlah penting untuk ditumbuhkan di dalam diri anak sejak usia dini. Lalu, apakah si kecil sudah memiliki self esteem yang baik ayah dan bunda? Yuk, simak beberapa cirinya berikut ini:

  • Seseorang yang memiliki self esteem yang baik tidak terpaku pada kesalahan masa lalu yang pernah dibuat atau pengalaman negatif yang pernah dialami. Anak cenderung dapat melihat hal positif dan mampu belajar dari pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut. Kesalahan atau kejadian yang kurang menyenangkan tersebut tidak menghalangi dirinya untuk bereksplorasi, justru ia menjadi dapat mengatur diri dan mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki. 
  • Dapat mengekspresikan perasaan dan kebutuhan dirinya. Si kecil mampu mengkomunikasikan apa yang ia rasakan dari suatu kejadian dan mampu menyuarakan apa yang menjadi pendapatnya. Ia tidak ragu untuk menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya dan apa yang menjadi kebutuhannya.
  • Mampu menolak permintaan orang lain dengan cara yang baik ketika ia tidak ingin atau tidak bersedia melakukannya. 
  • Dapat menerima kekurangan yang dimiliki oleh dirinya sendiri, serta mampu memaksimalkan apa yang menjadi kelebihannya. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dapat dipahami dan diterima dengan baik.
  • Memiliki percaya diri yang tinggi dan cenderung optimis dalam melakukan sesuatu. Si kecil meyakini bahwa dirinya memiliki kompetensi yang cukup dan percaya bahwa ia mampu melakukannya dengan baik.
  • Mampu mengembangkan sudut pandang yang positif dan terbuka terhadap berbagai macam kemungkinan baru.
  • Mampu menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Tidak selalu menuntut dan menyalahkan diri sendiri, namun memahami proses dan perjuangan apa yang sudah dilakukan sudah cukup baik untuk saat ini.

 

 

Ditulis oleh Sari Wulandari, Konsultan Psikologi Biometrika Pribadi Indonesia

Mau Mendapat Insight Tentang Parenting, Pengembangan Diri & Karakter?

Daftar newsletter kami dengan isi form di bawah ini!