Biometrika Indonesia

Manfaat Self Control untuk Masa Depan Anak

Self control dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk dapat mengatur, membimbing, dan mengarahkan segala bentuk tindakan dan upaya agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan.  Bukan hanya itu, self control yang baik juga dapat mengarahkan individu untuk mengembangkan pengendalian emosi yang baik pula. 

Self control yang berkembang dengan baik di dalam diri dapat membawa berbagai macam manfaat untuk perkembangan seseorang. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melatih pengendalian diri yang baik bagi anak-anak. Berbagai manfaat yang akan dirasakan si kecil apabila memiliki self control yang baik, yaitu:

    • Mampu menghadapi berbagai situasi yang akan terjadi. Pengendalian diri yang baik dapat membuat anak lebih tangguh dan gigih ketika menghadapi berbagai tantangan yang hadir. Ia akan dapat menemukan jalan keluar atau mengembangkan dirinya ketika menghadapi tantangan tersebut.
    • Mampu menentukan prioritas. Ia akan memahami hal mana saja yang harus dilakukan lebih dulu, hal apa saja yang harus diselesaikan, atau keputusan seperti apa yang harus diambil.
    • Memiliki inisiatif yang tinggi. Anak yang memiliki pengendalian diri yang baik cenderung memiliki inisiatif yang tinggi di dalam dirinya. Ia akan terbiasa untuk berpikir hal apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan bagaimana jalan keluar yang tepat untuk tantangan yang sedang dihadapi.
    • Dapat mengambil keputusan yang objektif. Anak yang memiliki pengendalian diri yang baik dilatih untuk tidak reaktif dan mampu memikirkan setiap konsekuensi atas perbuatannya, sehingga ia pun memiliki kecenderungan lebih objektif dalam mengambil keputusan. 
    • Mampu menyusun strategi agar dapat meraih tujuan yang diinginkan. Anak terlatih untuk memahami arah dan tujuannya sehingga ia dapat meraih tujuan yang diinginkan. Ia pun dapat mengatur dirinya dengan baik dan memahami hal apa saja yang harus dilakukan.
    • Memiliki pengendalian emosi yang baik. Ketika dihadapkan pada situasi yang menekan, anak memiliki kecenderungan untuk mampu mengendalikan emosinya dan menghadapi rasa frustasinya dengan baik. 
    • Mampu menjalin hubungan interpersonal dengan baik. Ia dapat membangun relasi yang baik dan berkolaborasi dengan orang lain,
    • Memiliki disiplin diri yang baik. 

 

Ditulis oleh Sari Wulandari, Konsultan Psikologi Biometrika Pribadi Indonesia

 

Mau Mendapat Insight Tentang Parenting, Pengembangan Diri & Karakter?

Daftar newsletter kami dengan isi form di bawah ini!